Sabtu, 14 November 2009

Siapa Penemu Komputer ?

Kalau dirunut dari sejarahnya, pengembangan mesin yang mampu mengolah informasi telah dimulai sejak tahun 1830-an saat ahli matematika berkebangsaaan Inggris, Charles Babbage, membuat proposal pertama tentang mesin semacam ini. Sekitar 100 tahun kemudian, Alan Turing, ahli matematika lainnya dari Inggris, mengembangkan teori tentang “mesin universal” yang mampu memecahkan persamaan matematis. Pekerjaan yang dirintis Turing pada 1930-an dan selama Perang Dunia II (1939-1945) itu membuatnya dijuluki sebagai “bapak ilmu komputer”.

Komputer digital berskala besar pertama dalam sejarah adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Mesin ini ini dirancang oleh ilmuwan AS, John W Mauchly dan John Presper Eckert, Jr., dari University of Pennsylvania, AS. Keduanya bekerja membantu John von Neumann, salah seorang ilmuwan yang kelak dikenal sebagai pelopor sains komputer modern. Komputer ini diperkenalkan kepada publik untuk pertama kalinya pada bulan Februari 1946 dan terus digunakan hingga Oktober 1955.

Pada mulanya ENIAC dibangun untuk kepentingan militer AS untuk menghitung lintasan dari misil yang ditembakkan. Belakangan mesin itu juga dipakai untuk melakukan perhitungan untuk riset senjata nuklir, prediksi cuaca, dan desain terowongan angin.

Walaupun tercatat mesin berskala besar pertama yang digunakan untuk melakukan kalkulasi dalam lingkungan yang produktif, ENIAC sebenarnya bukanlah komputer elektronik yang pertama. Antara 1939-1942, John Atnasoff, seorang profesor fisika dan matematika dari Iowa State University, bersama mahasiswa pasca-sarjananya, Clifford Berry, telah berhasil merakit sebuah sistem komputer yang menggabungkan berbagai inovasi dari desain sirkuit digital. Sistem mereka menggunakan aritamatika biner, berupa sinyal “0” dan “1” yang masih dipakai hingga kini pada komputer modern. Mesin Atnasoff-Berry juga menggunakan memory drum untuk menyimpan data dengan metode yang sama dengan teknik penyimpanan data yang digunakan pada chip memory modern.

Setelah Eckert dan Mauchly mendapatkan paten untuk ENIAC, terjadi pertarungan secara hukum untuk menentukan siapa sebenarnya yang pertama kali menciptakan komputer elektronik modern. Setelah bertahun-tahun berperkara, akhirnya pada 1973, hakim federal mencabut paten untuk ENIAC dan memberikan pengakuan pada Atnasoff dan Berry, lebih dari 30 tahun setelah mereka menciptakan temuannya.

Sementara itu, istilah “komputer” sendiri pertama kali digunakan pada Perang Dunia II untuk menyebut wanita-wanita berkebangsaan AS dan Inggris yang dipekerjakan untuk menghitung trajektori dari senjata artileri yang ditembakkan. Perhitungan itu dilakukan dengan menggunakan sebuah mesin kalkulasi khusus yang dioperasikan secara manual dengan menggunakan tuas. Saat pekerjaan ini diambil alih oleh ENIAC, maka penggunaan istilah “komputer” berpindah dari manusia ke mesin.

sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar