Jumat, 26 Februari 2010

DEKLARASI ARRAY

Bentuk umum deklarasi array adalah:

type tipe_array = array [range_index] of ipe_data;

var var_array : tipe_array; (1.1)

Atau dapat langsung dituliskan sebagai berikut:

var var_array = array [range_index] of tipe_data; (1.1)

var_array adalah nama variabel array yang dipakai untuk mengidentifikasi array. Pemilihan nama variabel array mengikuti aturan pemberian nama variabel secara umum.

Range_index adalah batasan index yang digunakan untuk mengidentifikasi elemen array. Range_index menentukan jumlah elemen array, yang jumlahnya tidak akan berubah (statis) mulai saat awal disediakan (program dijalankan) hingga program selesai dijalankan. Misalnya range 0..9 atau 1..10 atau –1..8 atau ‘A’..’J’ akan menentukan jumlah elemen array sebanyak 10 buah.

Setiap elemen array diidentifikasi oleh salah satu index yang berada dalam range yang telah ditentukan. Penggunaan index yang berada di luar range Index akan mengakibatkan kesalah, Index ini tidak harus berupa bilangan positif, tetapi harus berupa bilangan bulat atau data-data yang masuk kategori tipe data ordinal (seluruh tipe data dasar selain real dan double), seperti semua varian integer, char, boolean atau tipe data enumerasi yang dibuat sendiri oleh user.

Tipe_data adalah tipe data untuk elemen array. Tipe data elemen array tidak harus berupa integer, atau tipe data dasar yang lain, tetapi dapat berupa tipe data terstruktur seperti array.

Tentang pemilihan model deklarasi, model deklarasi dengan membuat sebuah tipe array seperti model (1.1) akan lebih jelas dan lebih ringkas yang dapat dirasakan saat variabel-variabel bertipe array digunakan sebagai parameter sebuah fungsi atau prosedur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar