Rabu, 10 Maret 2010

Elemen Antrian: Queue
  • jika customer meminta layanan lebih dari kapasitas fasilitas layanan maka sisanya berada dalan antrian (Queue)
POLA KEDATANGAN
  • Selain arrival rate, juga penting adalah bagaiman pola bagaimana kedatangan customer
-Jika jarak antara kedatangan yang tetap maka sistem layanan dapat memberikan layanan lebih baik daripada kedatangan bersifat mengelompok (membentuk cluster)
-Jika antar kedatangan adalah eksponensial maka pola kedatangan tsb disebut
Proses/pola kedatangan Poisson (atau random) yang membawa sifat Markov
DISTRIBUSI LAYANAN WAKTU

  • Walaupun fasilitas layanan memiliki c server namun secara keseluruhan biasanya dimodelkan dengan satu fungsi distribusi waktu layanan
Misalnya setiap server memiliki waktu layanan eksponensial dengan rate , maka sebagai suatu kesatuan layanan memiliki rate c.
  • Model-model distribusi waktu layanan
Eksponensial, Erlang-k, konstan, hypereksponensial
dedi1968.multiplycontent.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar