Jumat, 04 Juni 2010

Hidup Sehat Lewat Cuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan di tengah masyarakat, terutama anak-anak memang belum banyak diterapkan. Padahal perilaku hidup bersih dan sehat, berawal dari cuci tangan mampu mencegah dan menghambat berbagai penyakit.

Menyadari akan pentingnya membangkitkan kepedulian akan perilaku hidup bersih dan sehat, Lifebouy melakukan berbagai upaya edukasi, sosialisasi dan advokasi mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

"Berangkat dari misi untuk menjangkau 220 juta penduduk Indonesia, Lifebouy sebagai sabun anti kuman, membuat beberapa program untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya aktif menjalankan program edukasi untuk merubah kebiasaan mencuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar dan baik," kata Lusi Wilyastuti Suwito, Senior Brand Manager Lifebouy Soap.

Menurut Dr Handrawan Nadesul, selaku praktisi kesehatan, penyakit yang sering diderita masyarakat Indonesia adalah diare. Data dari Subdit Diare tahun 2003 lalu menunjukkan angka penderita diare di Indonesia adalah sebesar 300/1.000 penduduk. Padahal, penyakit tersebut dapat dicegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya yang sederhana adalah dengan mencuci tangan pakai sabun dengan cara yang baik dan benar.

"Sampai saat ini kondisi umum kesehatan masyarakat Indonesia masih sangat memprihatinkan. Contohnya, angka penyakit infeksi di Indonesia cukup tinggi karena terabaikannya kondisi lingkungan yang bersih dan sehat," papar Dr Handrawan.

Diterangkan Dr Handrawan bahwa ada lima waktu penting untuk melakukan cuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar dan baik. Yakni setelah ke jamban, setelah menceboki anak, sebelum makan, sebelum memberi makan anak dan sebelum menyiapkan makanan.

Walau program edukasi mencuci tangan pakai sabun terkesan sederhana, namun hal ini terbukti efektif sebagai salah satu cara menghindari penyebaran kuman. Bahkan menurut Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization-WHO), kebiasaan ini dapat menurunkan hampir 50% kasus diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

"Di bawah bendara kampanye 'Lifebouy Berbagi Sehat', tahun ini Lifebouy kembali melaksanakan berbagai program edukasi, sosialisasi dan advokasi untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini diwujudkan dengan menjadi pendukung utama pencanangan "Global Hand Washing Day" yang akan diselenggarakan setiap 15 Oktober untuk mencapai misi nasional Indonesia Sehat," tutup Wilya.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar