Jumat, 04 Juni 2010

Petisi Nasional Keluarga Sehat untuk Indonesia Sehat

Tahukah Anda, ada 10 penyakit yang bisa disebabkan hanya dari hal kecil seperti tidak mencuci tangan? Terkesan remeh memang, tapi hal itu perlu dihindari selama bisa dihindari. Padahal, budaya mencuci tangan di tanah air masih minim dan diperlukan sebuah edukasi untuk diperkenalkan sejak dini.

Bersama Lifebouy Wujudkan Indoensia Sehat"Sejak awal memang tidak terbentuk kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan. Padahal dengan mencuci tangan yang benar bisa mencegah 10 penyakit yang kerap terjadi, contoh Diare," terang Handrawan Nadesul, seorang pakar kesehatan dalam acara peluncuran Petisi Nasional "Keluarga Sehat untuk Indonesia Sehat" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dipaparkan Handrawan bahwa diperlukan kerjasama tidak hanya dari pemerintah tapi juga pihak swasta yang berkeinginan untuk membudayakan rakyat sehat agar produktivitas meningkat dan negara menjadi kuat. "Sekedar tidak terbiasa cuci tangan saja buruk dampak sosial-ekonominya," imbuh Handrawan lagi.

Berangkat dari situ, Lifebuoy menjalin kemitraan dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat, Lembaga Swadaya Masyarakat Spektra Surabaya dan 90 radio dari 65 kota di Indonesia.

Terangkum dalam sebuah kampanye Lifebuoy 2009 bertajuk "Bersama Lifebuoy Mewujudkan Indonesia yang Lebih Sehat", diluncurkanlah Petisi nasional "Keluarga Sehat untuk Indonesia Sehat", yang merupakan komitmen untuk memulai hidup sehat melalui budaya perilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun, memperhatikan keseimbangan gizi dan menjaga kebersihan lingkungan.

Petisi nasional ini akan disebarkan di lima propinsi, yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung, yang akan melibatkan lebih dari 2500 sekolah dasar dan ribuan kader PKK dari 450 kabupaten.

Program pengumpulan tanda tangan petisi akan berlangsung hingga Agustus 2009 mendatang dan diharapkan sebanyak mungkin masyarakat mendukungnya sebagai komitmen individu. Sebagai bentuk komitmen Lifebuoy mewujudkan Indonesia yang lebih sehat, setiap satu tanda tangan komitmen dalam petisi, Lifebuoy akan mendonasikan Rp100 untuk revitalisasi posyandu di wilayah Indonesia Timur.

"Lifebuoy menjalin kemitraan ini karena memiliki visi dan keinginan yang sama yaitu mewujudkan dan menjaga Indonesia yang sehat jiwa dan raga. Kesehatan anak dan keluarga akan lebih mudah dicapai jika budaya PHBS diwujudkan dalam bentuk tindakan di kehidupan sehari-hari dengan dukungan dari pihak pemerintah, swasta dan instansi kesehatan," ungkap Erwin Cahaya Adi, Senior Brand Manager Lifebuoy.

"Petisi ini sebagai bentuk langkah kecil dan sederhana dari Lifebuoy dan para mitra yang diyakini akan membawa perubahan yang luar biasa bagi bangsa Indonesia," lanjut Erwin.

Sekedar informasi, kerjasama program petisi ini didasari hasil survei "Indonesia Sehat" yang diselenggarakan di empat kota besar, Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan pada Mei 2009 lalu. Survei tersebut mencari tahu tentang persepsi masyarakat akan hidup sehat.

Hasilnya menunjukkan, 97% responden menegaskan bahwa kesehatan merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan untuk membentuk negara kuat, 95% responden sangat setuju dan berpendapat bahwa kesehatan keluarga merupakan awal bagi Indonesia yang sehat.

94% responden mengatakan setuju dan berpendapat bahwa kesehatan dianggap penting oleh masyarakat karena dapat meningkatkan produktifitas hidup dan memberi keuntungan. 76% responden menyatakan bahwa budaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus disosialisasikan serta diajarkan sejak usia dini.

Wujud nyata komitmen Lifebuoy dalam mendukung peningkatan kesehatan anak Indonesia juga terlihat melalui kegiatan sosialisasi PHBS lewat program ke sekolah, program lomba penulisan artikel untuk media, seminar nasional dan program KidsFfest 2009, di mana Lifebuoy menjadi sponsor dalam program Kompetisi Pembuatan Film Pendek Anak bertema kesehatan dan berpartisipasi dalam rangkaian Hari Anak Nasional 2009.

Saatnya bagi Anda ambil bagian untuk turut serta menyehatkan Indonesia. Caranya mudah, cukup mencuci tangan sebelum makan dan setelah ke toilet.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar