Senin, 31 Mei 2010

Alasan Mengapa Teh Digemari di Seluruh Dunia

Apa yang jadi pilihan minuman Anda tatkala makan siang? Atau minuman apa yang nda cari ketika santai di sore hari? Teh? Yap! Pilihan yang tepat dan baik bagi kesehatan. Teh bukan saja jadi minuman favorit orang Indonesia, namun juga disukai di seluruh dunia.

tehSebut saja beberapa negara seperti Cina, Jepang, Inggris dan Amerika. Bahkan di Jepang dan Inggris minum teh dijadikan tradisi yang keramat dan menjadi tolak ukur status sosial sekelompok orang.

Namun, selain nikmat jadi minuman, teh masih punya sederetan manfaat lain lho. Mau tahu?

1. Untuk Kesehatan Tulang

Sebuah artikel dalam Archieve of Internal Medicine menuliskan, teh mengandung florida dan senyawa kimia yang dikenal sebagai flavonoid untuk menguatkan tulang.

Otomatis, orang-orang yang punya kebiasaan minum teh terutama teh hijau yang mengandung kalsium pembangun tulang, mempunyai densitas tulang yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

2. Menyegarkan Tubuh
Sedang suntuk dengan rutinitas pekerjaan di kantor? Minum teh saja! Sejenis kafein dalam teh yang berbeda dari kopi, dapat merangsang sistim saraf tubuh. Rangsangan itu membuat pasokan oksigen ke dalam tubuh menjadi lebih lancar.

3. Menjaga Kesehatan Hati
The North American Tea Trade Health Research Association menemukan, teh sangat baik untuk kesehatan hati . Teh dapat membuat kerja arteri orang yang mengidap penyakit hati menjadi lebih baik.

Penelitian ini juga didukung penelitian sebelumnya yang menyebutkan, orang yang biasa minum teh mempunyai risiko lebih rendah terserang penyakit hati.

4. Menangkal Kolesterol
Adanya zat Catechin yang terdapat dalam teh dipercaya dapat mengurangi penimbunan kolestrol dalam darah dan mempercepat pembuangannya melalui tinja.

5. Mencegah Kanker
Selain sebagai penguat tulang, zat flavonoid dalam teh juga berperan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mengacaukan keseimbangan tubuh.

Jangan main-main dengan gangguan ini, karena gangguan keseimbangan bisa memicu kanker . Dibantu zat lain seperti Polifenol dan Theofolon di daun teh, perkembangan virus yang mengakibatkan kanker dapat dihambat.

sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar