Kamis, 20 Mei 2010

Dehidrasi Menyebabkan Ukuran Otak Mengecil

Sebuah penelitian di Inggris menemukan resiko baru jika tubuh kekurangan cairan. Ukuran otak menciut dan kinerja otak melambat.

pure waterPenelitian yang dimuat Journal Human Brain Mapping ini melaporkan dehidrasi berpengaruh pada bagian otak yang disebut grey matter. Bagian ini berguna untuk menciptakan respon dari stimulus dan memroses informasi.

Grey matter akan menciut dan kerjanya terganggu. Cukup dengan 90 menit berkeringat dapat mengecilkan ukuran otak sama banyaknya akibat proses penuaan. Jika kurang cairan dibiarkan terus akan berakibat pada performa di tempat kerja atau di sekolah.

Sebagai percobaan, peneliti mempelajari remaja yang bersepeda selama satu setengah jam. Beberapa diantaranya mengenakan pakaian lapis tiga yang menguras keringat lebih cepat, dan sisanya mengenakan T-shirt dan celana pendek.

Hasilnya remaja yang mengenakan pakaian berlapis kehilangan cairan hingga 2 pound, dan ukuran otak menciut dari ukuran tengkorak.

Remaja ini juga diminta untuk bermain game komputer dan tes untuk memecahkan masalah. Hasil scan menunjukkan otak mereka bekerja lebih keras untuk mengerjakan.

Namun kekurangan cairan ini dapat diatasi dengan cepat. Saat minum air putih segelas atau lebih, dalam waktu singkat kondisi otak akan normal kembali.

Jadi jangan tunggu sampai otak ciut, biasakan minum air putih minimal 1 liter setiap hari.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar