Senin, 31 Mei 2010

Rasa Kopi Lebih Nikmat Dalam Gelas Favorit

Seorang psikolog asal Inggris mengatakan bahwa teh dan kopi akan terasa lebih nikmat ketika disajikan dalam gelas atau cangkir favorit.

Dr Tom Stafford, dari Universitas Sheffield mengatakan bahwa otak kita terlatih untuk mempercayai bahwa ritual harian seperti membuat kopi atau teh harus dibuat dengan cara tertentu.

"Minum kopi atau teh adalah aktivitas yang bersifat ritual dan penikmatnya bisa sangat kecanduan dengan cara mereka menyeduh teh atau kopi tersebut," demikian tuturnya kepadanya Daily Telegraph.

"Kafein memiliki sifat yang mirip seperti zat adiktif dan seperti zat adiktif lainnya, penikmatnya cenderung memperhatikan bagaimana minuman itu diseduh dan disajikan. Cangkir yang biasanya digunakan untuk kopi atau teh, aroma kopi atau teh itu cenderung tertinggal dalam cangkir sehingga menambah keharuman aroma minuman tersebut dibandingkan dengan cangkir baru misalnya.

"Rutinitas menyeruput secangkir kopi atau teh di pagi hari membuat penikmatnya secara otomatis merasa rasa kopi atau teh itu lebih nikmat ketika disajikan dalam cangkir yang biasa digunakan.

"Mungkin ini terdengar tak rasional atau mengada-ada tapi ini faktanya. Minuman yang Anda minum akan terasa lebih lezat ketika Anda meminumnya dalam gelas yang biasa Anda gunakan."

Menurut penelitian, sebanyak 65 persen warga Inggris memiliki sebuah gelas atau cangkir favorit di rumah maupun di tempat kerjanya.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar