Kamis, 06 Mei 2010

Honda Twister Sepeda Motor Murah, Irit, dan Gaya

Motor-Modif - Honda baru saja merilis CB Twister teranyar di India, merupakan motor sport dengan kapasitas 110cc yang mampu memuntahkan tenaga 9 HP di kitiran 8000 rpm dan torsi 9 Nm pada putaran mesin 6000 rpm.

Honda CB TwisterHonda sendiri mengklaim CB Twister ini mampu menempuh jarak 70 km perliter. Lumayan juga untuk motor berkapasitas mirip motor bebek di Indonesia ini.

Motor ini telah dilengkapi dengan aki tipe MF dan dilengkapi dengan filter udara. Memenuhi regulasi pemerintah BS-III yang akan berlaku efektif April 2010 di India, maka CB Twister akan menjadi salah satu dari sepedamotor yang ramah lingkungan.

Target pasar CB Twister jelas, yaitu yang menginginkan gaya dan performa disamping jarak tempuh yang panjang dengan budger terbatas.

Arti CB Twister sendiri bermakna CB merupakan motor Honda versi naked sport sedangkan Twister sendiri angin berputar dengan kekuatan besar. Ini mengingatkan akan icon CBR1000.

Sejumlah fitur unggulan CB Twister antara lain: lampu depan yang seperti sepeda motor India pada umumnya, panel instrument sederhana namun mudah dibaca, side cowl yang berkarakter, tangki yang kekar, mesin 110 cc, velg palang 5 dengan ban tubeless, sedikit berbeda dengan motor India pada umumnya cover rantai hanya separuh seperti sepedamotor yang beredar di Indonesia, selain terlihat sporty juga mungkin menghemat biaya produksi.

Knalpot pendek dan sisi belakang yang tajam memberi kesan sporty.

Meskipun demikian, menurut pengamatan MotMod banyak sisi kosong pada motor ini membuatnya terlihat kurus.

CB Twister sendiri akan rilis secara resmi di India akhir Februari 2010.

Motor ini akan tersedia di pasar dengan tiga varian yaitu: kick starter dengan rem teromol, electric starter dengan rem teromol,dan electric starter dengan rem cakram.

Sepertinya bukan trend di Indonesia dua varian yang disebutkan pertama.Setiap varian tersedia dengan lima warna menarik: Pearl Amber Yellow, Candy Sonic Green, Pearl Nightstar Black, Pearl Siena Red, dan Pearl Fuji Blue. Harganya sendiri dilepas 8,5 juta. Relatif murah..

Mungkin tidak ya, motor ini menjadi salah satu gacoan Honda di Indonesia, mengingat pasar sport low level hanya diisi oleh Suzuki Thunder 125 dan Bajaj XCD125?

Tanpa perhitungan yang rumit, idealnya Honda bisa mengembalikan kembali masa kejayaan Honda Win yang juga berpostur ceking dan terkenal bandel tersebut.

Spesifikasi Teknis Honda CB Twister
Mesin
Tipe : 4 langkah, pendingin udara, SI engine
Kapasitas (cc) : 109cc
Max. Power (Ps @ RPM) : 9 @8000 rpm
Max. Torque (Nm @ RPM) : 9 @6000
Filter Udara : Paper Filter-Viscous
Sistem starter : Self/Kick
Transmisi : 4-Percepatan Bertautan Tetap
Pola transmisi : 1 Bawah-3 Atas

Rangka & Suspensi
Sasis : Desain berlian, jenis pipa kembar
Depan : Teleskopik
Rear : Pegas dengan peredam kejut hidrolik dengan lengan ayun kotak

Rem
Depan : Disc (Diameter 240 mm)
Belakang : Teromol (Diameter 110 mm)

Ban
Jenis : Tubeless
Ukuran ban depan : 70/100-17 40P
Ukuran ban belakang : 80/100-17 53P

Kelistrikan
Pengapian : Digital CDI
Battery : 12V, 3.0 AH Maintenance Free
Lampu utama : Halogen 12V 35/35 W

Dimensi

Wheelbase : 1262 (mm)
Jarak terendah ke tanah : 180 mm
Berat bersih : 108 Kg
Panjang (mm) : 1972
Lebar (mm) : 742
Tinggi (mm) : 1075

Kapasitas bahan bakar : 8 Liter

sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar